Lionel Messi tetap merelakan nomor ikonik 10 dipakai Neymar.

5 Bintang Besar yang Kehilangan Nomor Ikonik Saat Pindah Klub

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – Nomor punggung adalah identitas tersendiri bagi pesepak bola. Apalagi pada masa kini ketika sepak bola sudah jadi sebuah bisnis besar. Nomor punggung jadi sebuah trade mark. Makanya, banyak pemain yang mati-matian mempertahankan nomor punggungnya karena sudah jadi nomor ikonik.

Sebut saja Thomas Mueller. Sejak awal memakai nomor punggung 25 di Bayern Munich, dia tak pernah berpaling ke nomor lain hingga saat ini. Nomor itu pula yang dia pilih pada gelaran EURO 2020 bersama timnas Jerman ketika setiap tim diperbolehkan membawa 26 pemain.

Akan tetapi, seorang pemain bisa kehilangan nomor ikonik ketika pindah klub. Sejak 1990-an, hal ini sudah sering terjadi. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 pemain bintang yang harus menanggalkan nomor ikonik saat tiba di klub baru.

1. Lionel Messi

Lionel Messi harus melupakan nomor ikonik 10 saat bergabung dengan PSG.
Getty Images

Selama ini, Lionel Messi sebagai megabintang yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola sangat identik dengan nomor 10. Nomor punggung itu telah dipakainya sejak 2008-09, baik di Barcelona maupun timnas Argentina.

Akan tetapi, saat bergabung dengan Paris Saint-Germain, Messi memutuskan untuk menanggalkan nomor ikonik tersebut. Dia memilih nomor 30 yang dipakai saat musim debutnya bersama Barcelona. Alasannya, dia tak mau merebut nomor 10 yang sudah dipakai sejak 2017-18 oleh sahabatnya, Neymar.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane dengan kostum nomor 5 saat diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid.
eurosport.com

Seperti Lionel Messi, Zinedine Zidane juga identik dengan nomor 10. Namun, itu hanya di timnas Prancis. Di klub, dia lebih identik dengan nomor 21 yang dipakainya selama 5 musim di Juventus. Sebelumnya, di Girondins Bordeaux, dia mengenakan nomor punggung 7.

Ketika pindah ke Real Madrid pada 2001-02, masalah pelik harus dihadapi Zidane. Dia harus memilih nomor baru karena tiga nomor yang biasa dipakainya sudah punya pemilik tetap. Nomor 7 dimiliki Raul Gonzalez, nomor 10 dikenakan Luis Figo, sedangkan nomor 21 dipakai Santiago Solari. Pada akhirnya, dia memilih nomor punggung 5.

3. David Beckham

David Beckham tak memakai nomor ikonik 7 di Real Madrid.
Getty Images

Sosok David Beckham sangat identik dengan nomor punggung 7. Dengan memakai nomor itulah, dia menjulang sebagai pemain Manchester United dan timnas Inggris. Namun, pada akhirnya, dia harus melupakan nomor ikonik itu saat bergabung dengan Real Madrid pada 2003-04. Sebabnya jelas, nomor 7 adalah milik Raul Gonzalez.

Manajemen Los Blancos memberikan dua pilihan, yakni nomor 4 dan 23. Awalnya, dia berminat mengambil nomor 4 yang terakhir dipakai Fernando Hierro. Namun, setelah berdiskusi dengan Victoria, istrinya, nomor 23 jadi pilihannya. Salah satu alasannya, nomor itu dipakai Michael Jordan. Hingga pensiun, Beckham lantas memakai nomor 23 atau 32.

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo memakai nomor 9 pada musim pertamanya di Real Madrid.
thesun.co.uk

Harus menanggalkan nomor ikonik karena Raul Gonzalez juga dialami Cristiano Ronaldo saat pindah dari Manchester United ke Real Madrid pada 2009-10. Dia pun akhirnya memakai nomor punggung 9 yang kosong sepeninggal Javier Saviola. Beruntung bagi Ronaldo, dia hanya hanya semusim mengenakan nomor tersebut.

Pada 2010-11, Ronaldo mendapatkan kembali nomor ikoniknya setelah Raul Gonzalez dilepas ke FC Schalke 04. Hingga kemudian pindah ke Juventus pada 2018-19, Ronaldo terus mengenakan nomor itu. Maklum saja, CR7 sudah jadi merek dagang bagi dirinya.

5. Luis Figo

Luis Figo hanya memakai nomor selain 7 saat membela Real Madrid.
marca.com

Pemain bintang pertama yang jadi korban Raul Gonzalez adalah Luis Figo. Sepanjang kiprahnya, dia sangat identik dengan nomor 7. Nomor itulah yang dipakainya saat menjulang di timnas Portugal dan barcelona. Namun, begitu pindah ke Real Madrid, dia harus melupakan nomor ikonik tersebut.

Pada akhirnya, Figo memakai nomor 10. Nomor itu dipakainya selama 5 musim membela Madrid. Begitu pindah ke Inter Milan pada 2005-06, bintang Portugal itu kembali memilih nomor 7 hingga pensiun pada akhir musim 2008-09. Sepanjang karier profesionalnya, dia tak mengenakan nomor 7 hanya saat membela Los Blancos.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]