Banyak catatan menarik soal tim-tim yang pernah bermain di semifinal EURO sepanjang masa.

5 Fakta Menarik Seputar Peserta Semifinal EURO Sepanjang Masa

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Tinggal empat tim tersisa pada gelaran EURO 2020. Timnas Italia, timnas Spanyol, timnas Inggris, dan timnas Denmark akan berjibaku pada semifinal EURO, pertengahan pekan nanti. Mereka akan memperebutkan dua tempat di partai final.

Sejak kali pertama digelar pada 1960, hanya satu edisi EURO yang tak diwarnai laga semifinal. Saat gelaran EURO 1980 di Belgia, dua finalis adalah juara di fase grup. Sementara itu, dua runner-up grup berebut tempat ketiga.

Dari 1960 hingga 2016, sudah ada begitu banyak catatan menarik yang terjadi pada laga-laga semifinal. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik semifinalis EURO sepanjang masa.

Jerman Tersering Lakoni Semifinal EURO

Lawan Prancis pada 2016 jadi kesempatan ke-8 timnas Jerman lakoni laga semifinal EURO.
sport360.com

Tim yang paling sering tampil pada semifinal EURO adalah Jerman, termasuk saat bernama Jerman Barat. Die Mannschaft tercatat 8 kali lolos ke babak ini. Dari jumlah itu, 5 kali mereka menembus final dan 3 kali di antaranya menjadi juara.

Di belakang Jerman, ada Rusia, termasuk Uni Soviet. Mereka enam kali menembus semifinal. Dari jumlah itu, lima kali saat masih bernama Uni Soviet pada 1960, 1964, 1968, 1972, dan 1988. Adapun Rusia pada 2008. Hasilnya, mereka empat kali jadi runner-up.

Belanda Paling Sering Kalah

Timnas Belanda menelan 4 kekalahan dari 5 kali masuk semifinal EURO.
Getty Images

Catatan buruk dimiliki Belanda pada semifinal EURO. Lima kali lolos ke babak ini, De Oranje empat kali kandas. Anomali hanya terjadi pada EURO 1988 saat mereka jadi juara. Terakhir, Belanda kalah 1-2 dari Portugal pada semifinal EURO 2004.

Tim lain yang lumayan sering tersisih pada semifinal adalah Jerman dan Portugal. Keduanya sama-sama sempat tiga kali menelan pil pahit pada babak ini. Bedanya, Jerman 3 kali gagal dari 8 kesempatan, sementara Portugal 3 kali kandas dari 5 semifinal.

Spanyol Tak Pernah Gagal

Dari deretan 17 negara yang pernah sudah mencicipi semifinal EURO sejak 1960, Spanyol punya keistimewaan tersendiri. La Furia Roja adalah satu-satunya yang tak pernah gagal meraih kemenangan. Artinya, setiap menembus ke semifinal, mereka pasti lolos ke final.

Timnas Spanyol lolos ke semifinal EURO pada 1964, 1984, 2008, dan 2012. Pada empat kesempatan itu, mereka mampu menembus final dan tiga kali juara. Catatan ini jadi hal menarik untuk EURO 2020 karena Spanyol akan bertemu dengan tim kuat lain, Italia, pada semifinal.

Sembilan Tim Lakoni Adu Penalti

Portugal vs Spanyol jadi satu dari hanya 5 adu penalti pada semifinal Piala Eropa.
uefa.com

Sepanjang sejarah, dari 28 pertandingan semifinal EURO hanya 6 kali terjadi adu penalti. Enam adu penati itu melibatkan sembilan tim, yaitu Belanda, Denmark, Inggris, Italia, Jerman, Portugal, Prancis, Rep. Cheska dan Spanyol.

Dari kesembilan tim tersebut, Belanda adalah yang terburuk. De Oranje selalu kalah dalam dua kesempatan melakoni adu penalti pada semifinal Piala Eropa. Pada EURO 1992, mereka kalah 4-5 dari Denmark. Sementara itu, pada EURO 2000, mereka takluk 1-3 dari Italia.

Dua Tim Cetak Dua Digit Gol

Antoine Griezmann membuat timnas Prancis mencapai dua digit gol di semifinal EURO saat lawan Jerman pada 2016.
insidethegames.biz

Di antara tim-tim yang menembus semifinal EURO, hanya dua yang sudah mencetak gol dalam jumlah dua digit. Mereka adalah timnas Jerman dan Prancis. Die Mannschaft total mengemas 15 gol, sementara Les Bleus telah membuat 11 gol.

Jerman mencetak 15 gol dalam 8 laga. Die Mannschaft hanya gagal mencetak gol pada semifinal Piala Eropa 2016 saat kalah 0-2 dari Prancis. Adapun Les Bleus mengemas 11 gol dalam 5 laga. Mereka hanya tak mencetak gol pada EURO 1996 saat ditahan 0-0 oleh Rep. Cheska dalam 120 menit.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]