5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions - Cover - Getty Images

5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions

Banner live dan podcast baru

Football5star.com, Indonesia – Dinihari nanti, dua klub asal Inggris, Tottenham Hotspur dan Liverpool akan saling sikut untuk meraih gelar Liga Champions musim 2018-19. Keduanya tentu ingin mengakhiri puasa gelar yang sudah cukup lama mereka jalani.

Tottenham terakhir kali meraih trofi pada tahun 2008 silam. Ketika itu, The Lilywhites berhasil merengkih gelar Piala Liga Inggris setelah mengalahkan Chelsea di babak final. Gelar terakhir Liverpool juga adalah Piala Liga Inggris. Mereka berhasil menjadi juara di edisi 2011-12 setelah mengalahkan Cardiff City.

Meskipun kedua klub sama-sama memiliki rasa lapar yang cukup besar, Liverpool menjadi tim unggulan di partai final nanti. Berikut www.old.football5star.com sudah merangkum 5 faktor yang membuat Liverpool diunggulkan untuk merengkuh gelar Liga Champions:

1. VIRGIL VAN DIJK DAN ALISSON BECKER
5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions Van Dijk dan Alisson Zimbio
Zimbio

Kehadiran Virgil van Dijk dan Alisson Becker membuat Liverpool berhasil menjadi salah satu tim dengan lini pertahanan terbaik. Sepanjang musim 2018-19, gawang The Reds hanya kebobolan 38 kali dari 52 pertandingan di semua kompetisi.

Selain itu, kehadiran Alisson juga seolah menjadi jawaban atas buruknya performa Lorius Karius di partai final musim 2017-18 lalu. Penjaga gawang asal Brasil itu diprediksi akan mampu membuat para pemain depan Tottenham putus asa di Stadio Wanda Metropolitano.

2. KONDISI FISIK HARRY KANE
5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions Harry Kane 101 Great Goals
101 Great Goals

Kondisi fisik Harry Kane yang masih menjadi tanda tanya besar hingga kini membuat Livepool bisa bernafas dengan sedikit lega. Pasalnya, Harry Kane merupakan mesin gol utama Tottenham dalam beberapa musim terakhir.

Pada partai semifinal Liga Champions melawan Ajax, Lucas Moura memang berhasil menjadi pahlawan setelah mampu mencetak tiga gol ke gawang Andre Onana. Namun, potensi absennya Harry Kane membuat mental bertanding Tottenham sedikit terpuruk. Hal ini terjadi karena Kane juga merupakan seorang pemimpin di atas lapangan.

3. PENGALAMAN BERMAIN DI PARTAI FINAL
5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions - Pengalaman - peru21. pe
peru21.pe

Partai dinihari nanti merupakan final pertama Tottenham Hotspur di ajang Liga Champions. Di kompetisi Eropa, partai final terakhir dari The Lilywhites terjadi di ajang Piala UEFA pada musim 1983-84.

Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan untuk Liverpool. Pasalnya, mereka berhasil melaju ke partai Liga Europa pada musim 2015-16 dan final Liga Champions musim lalu. Jika ditarik lebih jauh lagi, partai nanti merupakan final kompetisi Eropa yang ke-13 sepanjang sejarah mereka. Dari 13 partai final tersebut, The Reds berhasil meraih delapan kemenangan.

4. KIERAN TRIPPIER
5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions - Kieran Trippier - Sky Sports
sky Sports

Kieran Trippier memang menyandang status sebagai salah satu bek kanan terbaik Inggris saat ini. Namun, Trippier gagal menunjukkan penampilan terbaiknya sepanjang musim 2018-19.

Pemain asal Inggris itu kerap kali menjadi kambing hitam karena cukup sering melakukan kesalahan-kesalahan fatal. Tak hanya itu, ia juga gagal menunjukkan performa terbaik ketika maju membantu serangan.

Catatan ini tentu menjadi sebuah makanan empuk untuk Sadio Mane dan Mohamed Salah yang diprediksi tak akan kesultian untuk melewati hadangan Trippier.

5. BISA MENURUNKAN TIM TERBAIK
5 Faktor yang Membuat Liverpool Diunggulkan di Final Liga Champions - Tim Terbaik - Irish Mirror
Irish Mirror

Sudah pulihnya kondisi fisik Roberto Firmino pasca otot membuatnya diprediksi akan bisa bermain penuh pada partai final nanti. Selain itu, Alex Oxlade-Chamberlain juga sudah bisa kembali merumput setelah pulih dari cedera ACL yang membuatnya harus absen selama setahun lebih.

Satu-satunya pemain Liverpool yang tak bisa tampil di partai puncak nanti adalah Naby Keita yang menderita cedera. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi tim Tottenham.

Hingga saat ini, ada cukup banyak penggawa The Lilywhites yang kondisinya masih diragukan. Diantaranya adalah Harry Kane, Harry Winks, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, dan Victor Wanyama. Kondisi tersebut membuat Mauricio Pochettino harus memutar otak untuk meramu tim terbaik yang akan diturunkan di partai final.

[better-ads type=’banner’ banner=’156436′ ]