angel Correa atletico madrid

Season Preview (2018-19) – Atletico Madrid: Sang Penantang

Banner Footbal Live Star-Football5star
Football5star.com, Indonesia –¬†Puasa gelar Atletico Madrid berakhir. Pasukan Diego Simeone berhasil menjuarai Liga Europa musim lalu. Itu merupakan trofi pertama sejak memenangi Piala Super Spanyol 2014.

Kesuksesan tersebut menjadi suntikan kepercayaan diri bagi Atletico untuk meramaikan persaingan pada musim 2018-19. Los Rojiblancos bahkan menunjukkan keperkasaannya di Piala Super Eropa 2018. Melawan juara Liga Champions tiga musim terakhir, Diego Costa dan rekan-rekan menang dengan skor 4-2.

Saul Niguez, Atletico Madrid vs Barcelona, Divisi Primera
Saul Niguez – Atletico Madrid (Marca)

Tak heran apabila Simeone berani menargetkan trofi kompetisi domestik. Apalagi, pelatih yang akrab disapa Cholo mendapatkan dana untuk meningkatkan kualitas skuatnya pada musim panas ini.

Di sisi lain, Atletico sedikit diuntungkan dengan kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Rival sekotanya itu masih kesulitan mencari pengganti Ronaldo dan perlu waktu untuk beradaptasi dengan taktik pelatih anyarnya, Julen Lopetegui.

Praktis, tantangan terbesar Atletico adalah menyaingi Barcelona. Los Rojiblancos pun telah membuktikan kualitas. Selain menjuarai Liga Europa musim lalu, mereka juga menjadi runner-up musim 2013-14 dan 2015-16. Itu menjadikan Atletico klub yang patut disegani di kompetisi Eropa.

Kekuatan
antoinegriezmann-atleticomadrid-pialasupereropa-football5star-zimbio
Antoine Griezmann – Atletico Madrid (Zimbio)

Keputusan Antoine Griezmann bertahan di Wanda Metropolitano disambut sukacita oleh Atletico Madrid. Barcelona dan Manchester United sempat bersaing untuk membajak striker timnas Prancis tersebut pada musim panas ini.

Griezmann telah menjelma sebagai bintang harapan Atletico, terutama di lini depan. Sebelumnya, dia seolah harus menanggung beban untuk mempersembahkan trofi kepada tim seorang diri. Kini, ceritanya berbeda.

Atletico telah memiliki Costa yang bisa membantu kinerja sektor penyerang. Los Rojiblancos juga mendapatkan bintang timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018, Thomas Lemar, dan pengganti Gabi di posisi gelandang tengah, Rodri.

Komposisi pemain yang berkualitas dipadukan dengan kehadiran Simeone. Dia telah mengenal betul karakter tim yang ditanganinya sejak 2011 tersebut. Pria asal Argentina itu pun bisa menularkan determinasi dan semangat juang kepada para pemainnya.

Kelemahan
diego costa, atletico madrid
Diego Costa – Atletico Madrid (Twitter @Atleti)

Di bawah asuhan Simeone, Atletico Madrid bermain dengan mengedepankan aspek fisik dan semangat juang. Tak jarang, para pemain meneripa kartu yang kerap berimbas dengan sanksi.

Pelanggaran-pelanggaran di wilayah yang berbahaya jelas bisa mengancam gawang Jan Oblak. Musim lalu, Atletico mendapat total 88 kartu kuning dan lima kartu merah dari 538 pelanggaran.

Atletico juga pantang lengah ketika menghadapi klub-klub papan tengah. Mereka harus berupaya tampil maksimal demi meraih tiga poin siapa pun lawannya. Musim lalu, pasukan Simeone takluk dari Espanyol, Real Sociedad dan Villarreal. Jika ini kembali terjadi, sulit bagi Los Rojiblancos memepet Barcelona yang cukup konsisten.

Prakiraan Formasi

prediksi formasi atletico madrid

Prediksi Musim 2018-19

Divisi Primera: Peringkat ke-2

Copa del Rey: Final

Liga Champions: Semifinal

Published by

Yosua Eka Putra

Football, music, movie and snack addict. Online Journalist @Football5star. Goalkeeper. #ENFJ