Erling Haaland masih punya dua kelemahan yang harus diperbaiki jika ingin setara dengan Robert Lewandowski.

Erling Haaland Belum Setara dengan Robert Lewandowski

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – Erling Haaland kerap dibanding-bandingkan dengan Robert Lewandowski. Penyerang asal Norwegia itu pun selalu digadang-gadang sebagai pengganti Lewy di Bayern Munich. Namun, menurut Armin Veh, Haaland belum setara dengan Lewandowski.

Soal ketajaman, Haaland memang tak kalah luar biasa dari Lewandowski. Dia sudah mengemas 42 gol dalam 45 pertandingan di Bundesliga atau 0,93 gol per laga. Adapun Lewy mencetak 279 gol dalam 352 pertandingan atau 0,79 gol per laga. Meskipun demikian, Haaland tak punya konsistensi bagus. Kata Veh, itu terkait gaya mainnya.

Erling Haaland dinilai Armin Veh belum setara dengan Robert Lewandowski.
Getty Images

Veh secara khusus menyoroti kegagalan Haaland mencetak gol saat Borussia dortmund takluk 1-2 di markas SC Freiburg. Dalam pandangannya, hal itu tak akan terjadi andai yang jadi ujung tombak Dortmund adalah Lewandowski. Haaland, kata dia, kesulitan menghadapi tim dengan pertahanan kokoh.

“Kekuatan utama Haaland terletak pada transisi dalam permainan. Jika lawan bertahan begitu dalam seperti yang dilakukan Freiburg, dia tak punya ruang untuk menunjukkan kelebihannya itu. Inilah yang membedakan dia dari Robert Lewandowski di Bayern,” urai Armin Veh seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Erling Haaland Harus Terus Belajar

Veh menjelaskan, Lewandowski selama bertahun-tahun telah teruji menghadapi tim yang ultradefensif. “Menghadapi Bayern, para lawan biasanya bertahan dengan dalam. Namun, Lewandowski tetap saja dapat mencetak gol-gol menentukan,” kata Veh.

Selain itu, Armin Veh juga melihat ada satu handicap lain yang dihadapi Erling Haaland. Itu adalah posturnya. Dia menilai anak Alf Inge Haaland itu masih kesulitan dalam permainan yang sangat ketat dengan ruang yang sangat terbatas.

Erling Haaland kesulitan saat dikawal ketat Nico Schlotterbeck.
Getty Images

“Haaland masih harus belajar. TUbuhnya juga agak bermasalah dalam permainan yang sangat dekat. Dalam hal ini, Dortmund punya kelemahan kecil. Bagaimanapun, secara umum, Lewandowski lebih baik dari dia,” ucap Veh yang sempat membawa VfB Stuttgart juara Bundesliga pada 2006-07.

Erling Haaland sempat menyita perhatian saat Dortmund menang 5-2 atas Eintracht Frankfurt pada pekan pertama Budnesliga 2021-22. Selain mencetak 2 gol, dia juga berkontribusi besar pada 3 gol lainnya. Namun, di markas Freiburg, dia mati kutu, tak mampu melepaskan diri dari kawalan Philipp Lienhart dan Nico Schlotterbeck.

[better-ads type=’banner’ banner=’156435′ ]