Asnawi Mangkualam Ansan Greeners vs Daejon Hana Citizen 2 - Korea Football Federation

Berkat Asnawi Mangkualam, Selebrasi Sujud Syukur Mulai Hiasi Liga Korea

Berkat Asnawi Mangkualam, Selebrasi Sujud Syukur Mulai Hiasi Liga Korea 6

Football5star.com Indonesia – Ada pemandangan menarik ketika Ansan Greeners menang 1-0 atas Daejon Hana Citizen di Stadion Ansan Wa, Sabtu (24/4). Seusai pertandingan, Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi alias perayaan sujud syukur, yang sejatinya tak lazim di Liga Korea Selatan.

Dalam pertandingan pekan ke-8 kompetisi kasta kedua Liga Korea atau K League 2, Asnawi Mangkualam memang tampil bersinar. Dia dipasang sebagai starter dan tampil penuh sebagai pemain sayap. Ini pertama kali Asnawi dimainkan 90 menit oleh pelatih Kim Gil-sik dalam 4 pertandingannya di K League 2.

Asnawi Mangkualam Ansan Greeners vs Daejon Hana Citizen 1 - Korea Football Federation
Korea Football Federation

Kepercayaan itu dibayar tuntas oleh Asnawi. Hampir sepanjang pertandingan dia tampil menggila. Gocekan, kecepatan, tackle, hingga umpan-umpannya sering membuat barusan belakang lawan kerepotan. Bahkan, dia nyaris mencetak gol debutnya pada menit ke-40.

Sayang, umpan silang pemain Ansan Greeners gagal disambar Asnawi dengan sempurna di mulut gawang. Padahal, saat itu kiper sudah meninggalkan posisinya.

Asnawi yang menusuk dari sisi kanan dalam posisi bebas dan tinggal menceploskan bola ke gawang kosong. Namun, bola gagal disambar dengan baik oleh Asnawi menggunakan kaki kirinya dan peluang terbuang sia-sia.

Akan tetapi pada menit ke-81, jebolan PSM Makassar tersebut akhirnya membayar tuntas kegagalan tersebut. Dia melakukan akselerasi di sisi kanan dan melepas umpan silang mendatar yang bolanya sukses disambar Shim Jae-min menjadi gol.

Ucapan Selamat, Pelukan, Hingga Sujud Syukur

Asnawi Mangkualam Ansan Greeners vs Daejon Hana Citizen - Korea Football Federation
Korea Football Federation

Asnawi Mangkualam merayakan gol semata wayang Ansan Greeners itu dengan bersemangat. Dia mendapat ucapan selamat dan pekukan hangat dari rekan setim di lapangan, termasuk sang pencetak gol Shim Jae-min.

Namun, yang lebih menarik adalah ketika wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Seluruh pemain dan ofisial tim Ansan Greeners larut dalam kegembiraan merayakan kemenangan. Sementara, Asnawi Mangkualam melakukan hal yang tak lazim di Liga Korea.

Sesaat setelah peluit ditiup, Asnawi langsung melakukan sujud syukur di tengah lapangan. Selebrasi seperti itu memang umum dilakukannya bersama rekan-rekan setim di timnas Indonesia, tapi masih langka di sepak bola Korea Selatan.

Hanya Cetak Satu Assist, Asnawi Mangkualam Mengaku Kecewa
Sports-G

“Aku sangat senang dan bersyukur dengan hasil pertandingan. Kami menghadapi peringkat pertama di K League 2 dan sudah mempersiapkan laga dengan matang. Aku fokus dengan permainan dan senang sekaligus bersyukur kami bisa menang,” ucap Asnawi dalam jumpa pers selepas laga, dikutip Football5star.com dari media Korea.

Asnawi Mangkualam juga berharap apa yang dilakukan dan dicapainya di Korea Selatan bisa membuat bangga Indonesia. Terutama untuk para penggemarnya yang datang langsung ke stadion untuk menonton.

“Mereka melakukan yang terbaik di stadion untuk memberi dukungan. Mereka membeli tiket untuk datang dan menyemangatiku. Aku ingin membuat mereka bangga melalui laga-laga ke depannya,” bilang dia.

Video Cuplikan Aksi-Aksi Asnawi Mangkualam dan Selebrasi Sujud Syukur pada Akhir Pertandingan

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]