Bjorn Kuipers final EURO 2020 Italia vs Inggris 1 - Zimbio

Bjorn Kuipers Wasit Final EURO 2020, Italia Bisa Kalahkan Inggris Lagi?

Banner Gamespool Football5Star

Football5star.com Indonesia – UEFA sudah menunjuk wasit laga Italia vs Inggris pada final EURO 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/7) WIB. Dia adalah Bjorn Kuipers, pria asal Belanda yang juga pernah memimpin pertandingan ketika Italia menaklukkan Inggris pada Piala Dunia 2014.

Dalam usia 48 tahun, Kuipers sudah cukup sering memimpin pertandingan di level dunia. Dia menjadi wasit pada pertandingan-pertandingan EURO 2012, 2016, dan 2020, serta Piala Dunia 2014 dan 2018.

Pada EURO 2020, Kuipers memimpin dua pertandingan pada fase grup, Denmark vs Belgia dan Spanyol vs Slovakia. Lalu, dia kembali memimpin pertandingan Denmark pada babak perempat final melawan Republik Cheska.

Pada partai final, Kuipers akan ditemani oleh beberapa partnernya sebagai asisten, ofisial keempat, hingga operator VAR (video assistant referee). Salah satunya adalah Pol van Boekel, yang juga menjadi operator VAR pada laga semifinal, Inggris vs Denmark.

Bjorn Kuipers Italia vs Inggris Piala Dunia 2014 - Zimbio
Zimbio

Timnas Italia sebenarnya punya kenangan manis ketika diwasiti Bjorn Kuipers. Terutama saat bersua Inggris, calon lawan pada final tahun ini. Pada babak grup Piala Dunia 2014 di Brasil, laga Italia vs Inggris juga dipimpin oleh pria Belanda itu.

Ketika itu, Italia bisa memenangi pertandingan dengan skor 2-1 atas Inggris. Dua gol Gli Azzurr dicetak Claudio Marchisio dan Mario Balotelli. Sementara, sebiji gol The Three Lions dilesakkan Daniel Sturridge.

Itulah satu-satunya pertemuan kedua negara yang dipimpin oleh Kuipers. Bahkan, juga satu-satunya kemenangan Italia pada babak grup Piala Dunia 2014. Italia dan Inggris pada akhirna gagal lolos karena hanya menempati peringkat ketiga dan keempat, di bawah Kosta Rika dan Uruguay.

Bjorn Kuipers Italia vs Inggris Piala Dunia 2014 1 - Zimbio
Zimbio

Final EURO 2020 Jadi Kali Kedua Bjorn Kuipers Pimpin Laga Italia vs Inggris

Selepas Piala Dunia 2014, Kuipers juga pernah mewasiti tiga pertandingan lain Italia. Menariknya, setelah kemenangan melawan Inggris, Gli Azzurri tak pernah meraih hasil bagus lagi ketika laganya dipimpin Kuipers.

Lima bulan setelahnya, Kuipers kembali menjadi wasit ketika Italia menghadapi Kroasia pada kualifikasi EURO 2016. Hasilnya, Gli Azzurri hanya bisa bermain imbang 1-1.

Bahkan dua laga setelahnya bersama Kuipers berakhir lebih nahas. Italia kalah 1-3 dari Prancis pada laga persahabatan (1/9/2016), dan dibekuk Spanyol 0-3 pada kualifikasi Piala Dunia 2018 setahun berselang.

Bjorn Kuipers final EURO 2020 Italia vs Inggris - Zimbio
Zimbio

Kebalikan dengan Inggris. Kekalahan dari Italia pada Piala Dunia 2014 justru menjadi satu-satunya hasil buruk bersama Kuipers. Setelah itu, THe Three Lions mampu mencatat dua kemenangan ketika Kuipers berada di tengah lapangan.

Kemenangan pertama adalah ketika unggul 2-0 atas Swedia pada Piala Dunia 2018. Dua tahun berselang, mereka kebali menang bersama Kuipers dengan skor 2-1 atas Polandia pada kualifikasi Piala Dunia 2022, (31/3/2021).

Dengan rekam Bjorn Kuipers tersebut, masih sulit memprediksi siapa yang dintungkan pada laga final. Italia pernah mengalahkan Inggris bersama Kuipers, tapi nahas pada laga-laga lainnya. Kebalikan dengan Inggris, yang justru beruntung bersama Kuipers sejak takluk dari Gli Azzurri.

Rekor Bjorn Kuipers memimpin Italia vs Inggris
Inggris 1-2 Italia – Babak Grup Piala Dunia 2014

Rekor Italia bersama Kuipers: 1 menang, 1 seri, 2 kalah
Rekor Inggris bersama Kuipers: 2 menang, 1 kalah

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]