Ali Mabkhout timnas Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia, Lionel Messi - Twitter @uaefa_ae

Brace ke Gawang Indonesia, Ali Mabkhout Jauhi Messi dan Kejar Ronaldo

Banner Gamespool Football5Star

Football5star.com Indonesia – Striker timnas Uni Emirat Arab (UEA), Ali Mabkhout, kian menjauhi catatan gol Lionel Messi sekaligus mengejar rekor Cristiano Ronaldo. Hal itu diraih setelah dia mencetak brace ke gawang timnas Indonesia, Jumat (11/6) WIB.

Ali Mabkhout mencetak dua gol ke gawang timnas Indonesia kawalan Muhammad Riyandi pada menit ke-22 dan ke-49 melalui eksekusi penalti. Pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 itu, UEA menang 5-0.

Ali Mabkhout timnas Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia, Lionel Messi 2 - Twitter @uaefa_ae
Twitter @uaefa_ae

Dua gol tambahan UEA dilesakkan Fabio Virginio de Lima yang juga menorehkan brace pada menit ke-28 dan ke-55. Sementara, satu gol lain lahir dari Sebastian Tagliabue menit ke-86.

Ali Mabkhout, dalam dua pertemuan melawan timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G, total sudah membukukan 5 gol. Sebelumnya, dia mencatat hat-trick ketika Skuat Garuda juga kandas 0-5 di Stadion Al Maktoum pada Oktober 2019.

Sementara, berkat tambahan brace pada laga semalam, Ali Mabkhout kini mengumpulkan 75 gol dari 91 penampilan di pentas internasional bersama UEA. Dia kian menjauhi catatan milik Lionel Messi dengan 72 gol dari 143 caps bersama Argentina.

Ali Mabkhout Mulai Dibandingkan dengan Lionel Messi

Timnas Argentina ditahan 2-2 oleh Kolombia dengan kegagalan Lionel Messi mencetak gol.
Getty Image

Berkat pencapaian itu, tak sedikit pihak yang mulai membandingkan Ali Mabkhout dengan Lionel Messi. Namun, perbandingan itu dinilai pelatih timnas UEA, Bert van Marwijk, tak rasional. “Tak ada pemain yang bisa dibandingkan dengan yang lain di dunia ini. Setiap pemain punya ciri masing-masing,” bilang Van Marwijk.

Tak cuma itu, striker timnas UEA berumur 30 tahun itu juga sudah melewati catatan kapten timnas India, Suni Chhetri, dengan 74 gol dari 117 penampilan. Alhasil, Ali Mabkhout kini berada di urutan kedua daftar pemain aktif dengan torehan gol internasional terbanyak.

Cristiano Ronaldo - Portugal - @selecaoportugal
Twitter @selecaoportugal

Satu-satunya pemain yang masih aktif dengan gol lebih banyak darinya adalah kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Pemain asal Juventus itu sudah mengumpulkan 103 gol dari 174 penampilan di pentas internasional.

Dalam usia yang masih 30 tahun, peuang Ali Mabkhout untuk mengejar Cristiano Ronaldo masih mungkin terjadi. Apalagi, usia Ronaldo saat ini sudah 36 tahun dan mendekati akhir karier profesionalnya bersama timnas Portugal.

Tak hanya itu, Ali Mabkhout juga bukan mustahil mengejar rekor gol internasional terbanyak yang saat ini dipegang mantan striker timnas Iran, Ali Daei. Selama 149 penampilan membela Iran sejak 1993 sampai 2006, Ali Daei total mengumpulkan 109 gol.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]