Dennis Law - Man United - George Best

Dennis Law, Rekan George Best yang Kirim Man United ke Divisi II

gamespool
Dennis Law, Rekan George Best yang Kirim Man United ke Divisi II 5

Football5star.com, Indonesia – Dennis Law merupakan nama yang mendapat tempat spesial di dalam hati para pemain Man United. Pasalnya, Law bersama George Best dan Bobby Charlton dikenal sebagai trio yang cukup mematikan pada dekade 1960-an.

Law, Best dan Charlton merupakan tiga pemain yang membawa Man United meraih gelar Piala Champions pada musim 1967-68. Keberhasilan tersebut membuat The Red Devils berhak menyandang status sebagai tim Inggris pertama yang menjadi jawara Eropa.

Selain membawa Man United menjadi juara Eropa, ketiganya juga berhasil merengkuh gelar Ballon d’Or. Law menjadi nama pertama yang berhasil meraih gelar Ballon d’Or. Gelar bergengsi ini ia dapatkan pada 1964.

Satu dekade setelah memenangkan Ballon d’Or, Law harus menanggung kesedihan mendalam. Pasalnya, ia merupakan sosok yang membuat Man United terdegradasi ke divisi II pada musim 1973-74.

Dennis Law - Man United - George Best - manutd. com
manutd.com
AWAL KARIER DENNIS LAW

Dennis Law lahir di Aberdeen, Skotlandia, pada 24 Februari 1940. Ia mengawali karier profesionalnya bersama Huddersfield Town pada musim 1956-57. Law baru berusia 16 tahun ketika menjalani debut profesionalnya.

Bakat besar Law membuat banyak klub-klub Inggris tertarik mendatangkannya. Pada akhirnya, Law memilih pindah ke Man City pada 1960 dengan banderol 55 ribu Poundsterling. Angka tersebut membuat Law menjadi Inggris termahal ketika itu.

Setahun berselang, Law memutuskan pindah dari Man City. Ia merantau ke Italia dan bergabung dengan Torino. Ketika itu, Law ditebus Torino dengan banderol 110 ribu Poundsterling.

Petualangan Law di Italia tidak berjalan dengan mulus. Ia kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain ultra defensif di Italia. Selain itu, ia juga sempat terlibat kecelakaan lalu lintas pada Februari 1962.

Kedua hal itu membuat Law tidak betah dan memutuskan hengkang dari Torino pada musim panas 1962. Law kembali ke Inggris dan memperkuat Man United setelah ditebus dengan harga 115 ribu Euro.

UNITED TRINITY BERSAMA GEORGE BEST DAN BOBBY CHARLTON

Dennis Law menjalani masa-masa terbaik dalam kariernya ketika memperkuat Man United pada periode 1962 hingga 1973. Kombinasinya bersama George Best dan Bobby Charlton membuat The Red Devils menjadi tim yang sangat ditakuti di Eropa ketika itu.

Kedatangan Law ke Old Trafford langsung mengubah nasib Man United. Pasalnya, The Red Devils kesulitan tampil konsisten pasca insiden kecelakaan pesawat di Munich pada 1958 dan kerap bersaing di papan bawah klasemen.

Dua tahun setelah kedatangan Law, Man United berhasil merengkuh gelar juara Liga Inggris. Ia berhasil mencetak 28 gol dan dinobatkan sebagai top skorer Liga Inggris. Tak cuma itu, Law juga berhasil meraih gelar Ballon d’Or.

Dennis Law - Man United - George Best - @manutd
twitter.com/manutd

Empat tahun setelahnya, Law, Best dan Charlton berhasil membawa Man United meraih gelar juara Piala Champions. Mereka menjadi juara Eropa setelah mengalahkan Benfica di partai puncak.

Ketika itu, Law harus gigit jari karena tidak tampil pada partai semifinal dan final Piala Eropa. Ia mengalami cedera lutut yang membuatnya harus absen selama beberapa bulan.

Cedera lutut ini menjadi salah satu penyebab penurunan performa Law di tahun-tahun selanjutnya. Pasalnya, ia menyembunyikan hasil diagnosa dokter spesialis dan terus berlatih secara normal.

Pada 1973, Law dilepas Man United secara cuma-cuma ke Man City. Selama 11 tahun memperkuat The Red Devils, Law berhasil mencetak 237 gol dari 404 penampilannya di semua kompetisi.

MENGIRIM MAN UNITED KE DIVISI II

Ketika melepas Law, Man United sudah tak lagi menjadi tim yang ditakuti di Inggris. Mereka kesulitan tampil konsisten dan kerap finis di papan tengah klasemen Liga Inggris.

Man City yang ketika itu diasuh Johnny Hart memutuskan untuk menawarkan Law kontrak. Tawaran ini langsung diterima Law. Ia pun berhasil menjalani debut gemilang dan mencetak dua gol pada pertandingan pembuka musim 1973-74 melawan Birmingham City.

Momen Law yang paling dikenal bersama Man City hadir pada partai terakhir musim 1973-74. Ia mencetak gol ke gawang Man United dan membawa The Cityzens meraih kemenangan dengan skor 1-0. Kekalahan tersebut membuat Man United terdegradasi ke divisi II Liga Inggris. 

Pada musim 1973-74, Man City mengganti pelatih dan menunjuk Tony Book sebagai pengganti Hart. Pergantian pelatih dari Hart ke Book menjadi akhir kisah Law sebagai pemain profesional. Ia memutuskan gantung sepatu pada musim panas 1974.

[better-ads type=’banner’ banner=’156408′ ]