Jean-Pierre Adams Meninggal Dunia Setelah 39 Tahun Koma (psg.fr)

Eks Pemain Timnas Prancis Meninggal Dunia Setelah 39 Tahun Koma

Banner Gamespool Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – Eks pemain Prancis, Jean-Pierre Adams menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 73 tahun, Senin (6/9/21). Adams sendiri sudah mengalami koma sejak 1982, atau tepatnya 39 tahun yang lalu.

“Pada hari ini, Senin, 6 September, Paris Saint-Germain, kehilangan mantan pemain hebat. Bek timnas Prancis, Jean-Pierre Adams yang bermain untuk kami dari 1977-1979. Paris Saint-Germain menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan orang-orang terkasihnya,” tulis PSG seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub.

Jean-Pierre Adams Meninggal Dunia Setelah 39 Tahun Koma (@nimesolympique)
@nimesolympique

Adams pensiun dari sepak bola pada 1981. Setahun setelah pensiun, dia menjalani operasi pada ligamen lututnya yang pecah, tapi ahli anestesi memberinya dosis yang salah dan membuat otaknya kekurangan oksigen sampai akhirnya mengalami koma. Istri Adams, Bernadette, merawatnya selama sisa hidupnya, menolak untuk memilih eutanasia atau suntik mati.

“Tidak ada yang pernah lupa untuk memberi Jean-Pierre hadiah, apakah itu ulang tahunnya, Natal atau Hari Ayah. Kami membeli hadiah seperti T-shirt atau jumper karena saya mendandaninya di tempat tidurnya dia berganti pakaian setiap hari,” kata Bernadette tahun lalu kepada CNN.

Karier Jean-Pierre Adams

Jean-Pierre Adams Meninggal Dunia Setelah 39 Tahun Koma (getfootballfrenchnews)
getfootballfrenchnews

Adams lahir di Dakar, Afrika Barat Prancis, 10 Maret 1948. Dia tinggal di Dakar yang sekarang merupakan ibukota Senegal, sampai usia 10 tahun sebelum akhirnya pindah ke Montargis, Prancis.

Adams memulai kariernya di di Entente BFN pada 1967 sebagai penyerang sebelum pindah ke Nimes pada 1970 dan bermain sebagai bek tengah.

Performanya bersama Nimes membuatnya dipanggil oleh pelatih Georges Boulogne ke timnas Prancis pada 1972 . Bersama Les Bleus, Adams berduet dengan legenda besar Prancis, Marius Tresor di lini belakang dan duetnya mendapat julukan La garde noire. Total Adams mendapatkan 22 caps.

Dia pindah ke Nice pada 1973 dan bermain di sana sampai 1977 sebelum pindah ke PSG dan bermain di sana selama dua tahun. Setelah bermain satu tahun di divisi kedua bersama Mulhouse, Adams mengakhiri kariernya di klub amatir, Chalon pada 1981.