Sofyan Wanandi

Keluarga Taipan Sofyan Wanandi Beli Saham Klub Liverpool

Banner live dan podcast baru

Football5star.com, Indonesia – Salah satu grup perusahaan yang dimiliki oleh taipan asal Indonesia Sofyan Wanandi Santini Group dikabarkan membeli saham dari klub Liga Inggris yang berbasis di Liverpool, Tranmere Rovers, Rabu (4/9/2019).

“Santini Group adalah grup bisnis yang dimiliki keluarga Indonesia yang sangat signifikan bisnisnya. Grup ini memiliki investasi mulai dari produk otomotif, pengembangan real estate, layanan keuangan, dan infrastruktur,” kata pemilik Tranmere Rovers Mark Palios seperti dikutip dari halaman resmi klub.

Disebut dalam rilis klub Tranmere Rovers, grup Santini ini dijalankan oleh tiga bersaudara, Wandi, Lukito, dan Paulus Wanandi.

“Kami telah menghabiskan waktu bersama mereka di Wirral dan di Indonesia untuk saling memahami, tetapi yang paling penting untuk memastikan bahwa investor mendapat pemahaman tentang klub ini,” ucap Palios.

Namun pihak klub Tranmere Rovers dan Santini Group tidak menjelaskan secara detail soal berapa jumlaha saham yang dimiliki keluarga Sofyan Wanandi tersebut.

Kiprah Tranmere Rovers

Klub yang sudah berdiri sejak 135 tahun silam ini sekarang berkiprah di League Two, kompetisi kasta ketiga Liga Inggris. Klub yang bermarkas di Merseyside, Liverpool ini memiliki prestasi terbaik menembus babak perempat final Piala FA di musim 1999-2000, 2000-01, dan 2003-4.

Pada musim ini, klub yang dibesut oleh Micky Mellon mendapatkan pemain pinjaman dari Manchester United Cameron Borthwick-Jackson. Kedatangan Borthwick-Jackson membuat Tranmere Rovers cukup percaya diri mengarungi League Two musim 2019-20.

Cameron Borthwick Jackson
tanmererovers.co.uk

Hingga pekan ke-5 League Two, Tranmere Rovers masih tercecer di peringkat ke-19 dari 23 klub yang bermain. Dari lima laga yang sudah dilakoni, Tranmere Rovers baru mengantongi satu kali menang, satu imbang, dan tiga kali kalah.

Pada musim-musim sebelumnya klub berjuluk Rovers ini terkantung-kantung di League Two. Musim 2018-19, Tranmere Rovers hanya mampu finish di urutan keenam. Sedangkan di musim 2017-19, Rovers menjadi runner up di Conference Premier, kompetisi kasta keempat Liga Inggris.

Rekam Bisnis Santini Group

Santini Group yang saat ini memiliki saham di Tranmere Rovers merupakan perusahaan yang sudah dibangun sejak 1974. Dikutip dari halaman resmi Santini Group, perusahaan ini mulai dibangun saat Sofyan Wanandi tergabung dalam pendirian Pakarti Yoga Group.

Pakarti Yoga Group merupakan grup perdagangan dan industri. Mulai 1980, perusahaan ini mulai bergerak di industri komponen otomotif. Group bisnis ini kemudian merambah ke bidang farmasi dan kimia hingga menguasai pangsa nasional dan internasional pada 1987.

Santini Group
bizlaw.id

Nama Santini Group sendiri baru diresmikan oleh Sofyan Wanandi pada 1994 silam. Baru pada 1999, Sofyan Wanandi kemudian menyerahkan kepemimpinan perusahaan ini kepada anak-anaknya. Tidak hanya bergerak di otomotif dan farmasi, grup perusahaan ini juga menjamah industri properti.

Lewat PT Santiniluwansa Properti Indonesia (pengelola Luwansa Hotel Group, JS Luwansa), PT Dharma Karya Perdana, PT Pawatanesia Persada (pemilik gedung), PT Purimas Straits Resort, dan PT Pulomas Gemala Misori (pengembang apartemen).

Selain itu group bisnis ini juga diketahui memiliki saham di The Jakarta Post, salah satu media berbahasa Inggris di Indonesia. Santini Group juga mengembangkan bisnisnya di industri energi terbarukan lewat PT Santini Energi Indonesia.

[better-ads type=’banner’ banner=’156408′ ]