Nostalgia Hari Ini: Laga Perdana Persipura Jayapura di Perempat Final AFC Cup

Banner Gamespool Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – 13 September 2013 mungkin menjadi salah satu hari tak terlupakan buat Persipura Jayapura. Sebab, kala itu mereka untuk kali pertama lolos ke perempat final AFC Cup meski hasilnya tak memuaskan.

Diketahui, tim berjuluk Mutiara Hitam itu memang jadi salah satu wakil Indonesia yang bermain baik pada level Asia. Mereka sempat lolos hingga fase grup Liga Champions Asia 2010. Lalu, pada 2011 untuk kali pertama mereka berhasil melaju ke perempat final.

Hal itu mereka raih usai menjadi runner-up Grup H yang diisi Chonburi, South China, dan East Bengal. Kala itu tim yang jua diasuh oleh Jacksen F Tiago berhasil meraih 11 poin hasil tiga menang, dua imbang dan satu kekalahan. Mereka pun cuma berselisih dua angka dari Chonburi di puncak klasemen.

Nostalgia Hari Ini: Laga Perdana Persipura Jayapura di Perempat Final AFC Cup
Dok. Vivanews

Usai melewati tantangan Song Lam Nghe An pada babak 16-besar, Persipura Jayapura bertemu wakil Irak, Arbil pada babak perempat final. Mereka lebih dahulu bertindak jadi tuan rumah pada 13 September 2011 di Stadion Mandala.

Jalannya Laga Persipura Jayapura vs Arbil

Dalam partai itu, Mutiara Hitam memang dikejutkan oleh gol tim tamu melalui Nabeel Sabah yang melepaskan tendangan voli menit ke-18. Mereka sempat bangkit setelah melakukan beberapa cobaan melalui Boaz Solossa.

Salah satu peluang terbaik Persipura lahir pada penghujung babak pertama. Mendapat umpan manis dari rekannya, sayang sontekan Boaz tipis saja.

Bahkan, pada awal-awal paruh kedua mereka mendapat sejumlah kesempatan emas, salah satunya via Titus Bonai. Menerima umpan terobosan Boaz, bola chip Tibo terlalu mudah dibaca kiper Mohammed Kassid.

Nostalgia Hari Ini: Laga Perdana Persipura Jayapura di Perempat Final AFC Cup
Dok. Skorid

Asyik menyerang, pasukan Jacksen F Tiago itu malah kebobolan lagi pada menit ke-70. Dari sebuah proses serangan balik, Luay Salah lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Yoo Jae-Hoon. Dia lantas mengoper ke Muslim Mubarak yang mudah menceploskan bola.

Nostalgia Hari Ini: Laga Perdana Persipura Jayapura di Perempat Final AFC Cup
Dok. Getty

Delapan menit jelang waktu normal berakhir, Persipura Jayapura akhirnya memperkecil kedudukan via Zah Rahan. Tembkannya dari dalam kotak penalti tak mampu diadang kiper Arbil.

Meski terus menyerang, mereka akhirnya takluk 1-2 di Mandaala. Pada leg kedua, Mutiara Hitam pun harus 0-1 di Franso Hariri Stadium. Alhasil mereka harus gagal ke semifinal karena kalah 1-3 secara agregat dari Arbil.

Susunan pemain:
Persipura: Yoo Jae-Hoon, Ricardo Salampessy (Lukas Mandowen 75′), Bio Paulin, Victor Igbonefo, Ortizan Solossa, Imanuel Padwa (Tinus Pae 61′), Ian Kabes, Zah Rahan, Stevie Bonsapia (David Laly 80′), Titus Bonai, Boaz Solossa

Arbil SC: Mohammed Kassid, Aws Ibrahim, Ahmed Ibrahim, Saad Atiyah, Qusay Muneer, Mahdi Kareem, Saad Abdulameer (Haider Abdulameer 88′), Amjed Radhi (Mustafa Ahmed 64′), Luay Salah, Nabeel Sabah Zghair (Halkerd M. Mohammad Taher 84′), Muslim Mubarak Almas

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More