Menang Telak di Laga Pembuka, Italia Pecahkan Beberapa Rekor

Menang Telak di Laga Pembuka, Italia Pecahkan Beberapa Rekor

gamespool
Menang Telak di Laga Pembuka, Italia Pecahkan Beberapa Rekor 3

Football5Star.com, Indonesia – Laga pembuka Euro 2020 antara Turki vs Italia resmi berakhir dengan kemenangan Gli Azzurri 3-0. Hasil ini mencatatkan beberapa fakta-fakta dan rekor menarik.

Azzurri benar-benar mendominasi pertandingan sejak awal. Namun gol baru tercipta pada babak kedua lewat gol bunuh diri Merih Demiral, Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne. Berikut rangkuman data dan fakta menarik laga Turki vs Italia.

Rekor gol Italia dan rekor turnamen

Sebelum laga ini, Italia sudah bermain 38 kali di Euro sejak mereka debut pada 1968. Namun ini pertama kalinya dalam sejarah mereka bisa mencetak lebih dari dua gol. Kemenangan 3-0 ini juga menjadi kemenangan dengan margin terbesar sepanjang sejarah laga pembuka Euro.

Penyerang Ciro Immobile yang mencetak gol kedua untuk pertama kalinya berhasil mencetak gol di 3 laga beruntun untuk Azzurri dan ini adalah gol pertamanya di turnamen major (Euro dan Piala Dunia).

Tak Terkalahkan dan clean sheet

Kemenangan ini juga membuat pasukan Roberto Mancini tak terkalahkan dalam 28 laga beruntun di semua kompetisi. Hebatnya lagi, Italia berhasil menang dalam 9 laga beruntun tanpa kebobolan dan mencetak 28 gol.

Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa menyamai rekor yang mereka ciptakan pada November 1989 sampai Juni 1990 dimana mereka menang 10 kali beruntun.

Rekor buruk Turki di laga pembuka turnamen

Kekalahan ini membuat Turki selalu kalah di setiap laga pembuka mereka di turnamen major (Euro dan Piala Dunia). Total mereka bermain 7 kali dan kalah 7 kali. Mereka adalah satu-satunya tim yang bermain lebih dari 3 turnamen dan selalu menderita kekalahan di laga pembuka.

Burak Yilmaz cs juga menjadi tim ketiga sejak Euro 1980 yang sama sekali tak mencatatkan satu tendangan ke gawang pada babak pertama setelah Italia pada Euro 2000 melawan Belanda dan Irlandia Utara melawan Polandia pada Euro 2016. Ini juga pertama kalinya dalam sejarah Euro gol pertama di kompetisi adalah gol bunuh diri (Merih Demiral).

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]