MOMEN: Jens Todt Tiba-Tiba Dipanggil Jelang Final EURO 1996

Momen Bersejarah EURO: Jens Todt, Amunisi Tambahan yang Sia-Sia

Gamespool new banner

Football5Star.com, Indonesia – Final EURO 1996 antara Timnas Rep. Cheska vs Timnas Jerman di Stadion Wembley, Inggris, menyisakan cerita unik. Jerman tiba-tiba diberi izin oleh UEFA untuk memanggil Jens Todt jelang partai puncak yang dihelat 30 Juni 1996 itu.

Sebelum pertandingan, Jerman yang kala itu diarsiteki oleh Berti Vogts memang dibuat pusing oleh absennya sejumlah pemain utamanya. Stefan Kuntz, Juergen Kohler, Mario Basler, Fredi Bobic dan, Steffen Freund saat itu dipastikan absen di final karena cedera parahnya. Derita Jerman bertambah usai Stefan Reuter dan Andreas Moller mendapat akumulasi kartu.

Stefan Kuntz yang mencetak gol penting saat lawan Inggris di semifinal kala itu harus cedera parah dan ditandu keluar lapangan. Juergen Kohler absen karena menderita cedera sobek ligamen di lututnya, 14 menit jelang partai pembuka, lalu Mario Basler harus tinggalkan skuat Timnas Jerman karena masalah engkel. Fredi Bobic hanya bisa menonton karena patah tulang bahu dan Steffen Freund mengalami cedera ligamen di semifinal.

MOMEN: Jens Todt Tiba-Tiba Dipanggil Jelang Final EURO 1996
Getty Images

Krisis tersebut sempat bikin Berti Vogts putar otak. Bahkan, dia sempat berencana mencantumkan kiper cadangan, Oliver Kahn dan Oliver Reck, sebagai pemain lapangan.

“Dua hari sebelum final, kami masih hanya bisa berlatih dengan delapan pemain lapangan yang fit sepenuhnya. Tapi semua masalah ini justru memperkuat persatuan besar dalam skuat kami,” kata Stefan Kuntz kala itu dikutip dari DFB.

MOMEN: Jens Todt Tiba-Tiba Dipanggil Jelang Final EURO 1996
Sportbuzzer.de

Jens Todt lalu menjadi jawabannya. Vogts mengontaknya untuk bersiap-siap. Saat semifinal, dia pun berada di tribun menyaksikan partai melawan Inggris yang harus dilalui lewat adu penalti. Begitu UEFA mengizinkan, sang amunisi darurat pun langsung ikut berlatih.

Dipanggil Saat Sedang Makan Malam

MOMEN: Jens Todt Tiba-Tiba Dipanggil Jelang Final EURO 1996

Jens Todt yang dipanggil secara mendadak ke Timnas Jerman jelas tak menduga sebelumnya. Sebab, saat itu dia sedang makan malam bersama sang istri di sebuah restoran Italia di pusat kota Bremen. Sekitar pukul 20.30 waktu setempat, Berti Vogts, diceritakan eks pemain Freiburg itu tiba-tiba menelepon.

“Dia berkata, ‘Kami memiliki begitu banyak cedera sehingga pengaturan khusus telah disetujui dan seorang pemain dapat dinominasikan untuk final. Penerbangan berangkat dari Bremen ke London pukul 8.00 besok pagi.’ Kemudian saat itu saya membayar tagihan, pulang dan mengemasi barang-barang. Setelah penerbangan, kami langsung ke konferensi pers dan kemudian ke hotel tim,” cerita Todt dikutip dari Tagesspiegel.

Lucunya, sambung Todt, tiga hari sebelum dipanggil Timnas Jerman, dirinya sempat pergi liburan ke London bersama Werder Bremen. Beruntungnya, Todt paham dan kenal dengan karakter sebagian besar skuat Jerman.

“Saya sudah mengenal sebagian besar dari mereka karena pada 1994 dan 1996, paling tidak sering menjadi bagian dari skuat. Ada juga rekan baru saya di Bremen, Marco Bode dan Dieter Eilts,” papar dia.

https://www.youtube.com/watch?v=osfRnbJWYc4

Timnas Jerman sendiri saat itu sukses jadi juara EURO 1996 melalui golden goal. Sempat ditahan imbang 1-1 oleh Rep. Cheska pada waktu normal, golden goal Oliver Bierhoff menit ke-95 menghadirkan gelar EURO ketiga bagi Jerman.

“Setelah pertandingan, saya tak diiznkan naik saat penyerahan piala oleh Ratu (Elizabeth). Saya tak yakin juga ada medali untuk saya. Jadilah saya tetap di bawah dan lantas menerima medali. Sayangnya, medali itu sudah raib. Beberapa waktu lalu, rumah saya kemalingan dan medali itu dicuri. Namun begitu, kenangan itu masih ada di kepala saya,” kata Jens Todt kepada laman T-Online pada 2008.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]