Datuk Ong Kim Swee Sabah FC FAM - Vocketfc

Gantikan Kurniawan Dwi Yulianto, Ong Kim Swee Letak Jabatan Dirtek FAM

Banner Gamespool Football5Star

Football5star.com Indonesia – Setelah memecat Kurniawan Dwi Yulianto, Sabah FC segera memiliki pelatih kepala baru. Dia adalah mantan pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, yang baru saja menanggalkan jabatan direktur teknik FAM demi menerima pinangan Sabah.

Pada Jumat (10/9), FAM selaku induk organisasi sepak bola Malaysia, mengumumkan pengunduran diri Kim Swee dari posisi dirtek. Surat mundur disampaikan Kim Swee kepada Sekretraris Jenderal FAM, Mohd Saifuddin Abu Bakar, dan langsung dikabulkan oleh seluruh pengurus.

Presiden SAFA Datuk Seri Bung Moktar Radin, Ong Kim Swee, Kurniawan Dwi Yulianto, Sabah FC - Facebook Sabah FC
Facebook Sabah FC

“FAM mengucapkan terima kasih kepada Kim Swee atas pengorbanan dan jasanya serta mendoakan dia sukses dalam karier barunya bersama Sabah FC,” bilang Mohd Saifuddin Abu Bakar, dikutip Football5star dari laman resmi FAM.

Melalui surat pengunduran diri tersebut, Kim Swee mengakhiri masa baktinya bersama FAM yang sudah diemban sejak 2007. Selama 14 tahun, dia sudah menjabat berbagai peran di FAM, termasuk pelatih timnas Malaysia sejak level U-16 hingga senior.

Sehari setelah surat pengunduran diri itu, Kim Swee langsung didaulat sebagai pelatih kepala baru Sabah FC. Dia akan menggantikan pelatih asal Indonesia, Kurniawan, yang didepak dari posisinya beberapa waktu lalu.

Ong Kim Swee Tak Langsung Gantikan Tugas Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto Sabah FC - Facebook Sabah Football CLub
Facebook Sabah Football CLub

Namun, Kim Swee tak akan langsung mengisi posisi tersebut dalam waktu dekat. Sampai tugasnya dimulai pada 1 Oktober, Sabah masih akan ditangani duet karteker pelatih Burhan Ajui dan Julius Ating.

Keputusan Sabah meminang Kim Swee juga mendapat dukungan penuh dari Presiden Persatuan Sepak Bola Sabah (SAFA), Datuk Seri Bung Moktar Radin. Dia yakin, Kim Swee yang pernah bermain untuk Sabah pada era 1990-an, bisa mengangkat prestasi Saddil Ramdani dan kawan-kawan.

“SAFA selalu mengharapkan kehadiran Kim Swee dan kami yakin dia bisa membangun Sabah FC menjadi tim yang tangguh dan bisa bersaing di pentas sepak bola negeri ini,” ucap Bung Moktar, seperti dikutip dari BH Online.

Ong Kim Swee Pernah Bungkam Timnas U-23 Indonesia di SUGBK

Nama Ong Kim Swee terbilang cukup harum di Malaysia, bahkan hingga Asia Tenggara. Dia dikenal sebagai pelatih yang banyak memunculkan talenta-talenta muda melalui Sekolah Sukan Bukit Jalil (SSBJ).

Kariernya menapak naik sejak didaulat menangani timnas U-23 Malaysia hingga merebut medali emas cabang sepak bola SEA Games 2011. Medali emas itu diraih anak asuh Kim Swee di atas rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno setelah mempermalukan timnas U-23 Indonesia pada partai final (21/11/2011).

Timnas-Indonesia-vs-Malaysia-SEA-Games-2011-final-IRAWAN
Irawan/Football5star

Keberhasilan pria yang karib disapa OKS itu sekaligus mencoreng harga diri Indonesia. Bagaimana tidak, anak asuh Rahmad Darmawan melangkah ke final usai menaklukkan Vietnam pada semifinal. Selain itu, Andik Vermansah dan kawan-kawan juga bertekad membalas kekalahan dari Malaysia pada fase grup.

Apa lacur. Timnas U-23 Indonesia yang unggul lebih dahulu melalui gol Gunawan Dwi Cahyo, dipaksa takluk melalui drama adu penalti. Tim besutan OKS merengkuh medali emas berkat kemenangan 4-3 pada adu penalti tersebut, di hadapan puluhan ribu suporter Indonesia.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]