fans burnley

Otak di Balik Banner White Lives Matter Dipecat dari Pekerjaannya

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5star.com, Indonesia – Laga Manchester City vs Burnley beberapa waktu lalu mencuri perhatian. Bukan jalannya pertandingan yang menjadi sorotan, tapi banner besar bertuliskan “White Lives Matter” yang diterbangkan di atas stadion Etihad.

Ketika dunia saat ini menyuarakan kampanye Black Lives Matter sebagai bentuk peperangan terhadap rasialisme, langit Manchester kemarin justru ditunjukkan pemandangan sebaliknya.

Sebuah pesawat kecil menerbangkan banner bertuliskan “White Lives Matter Burnley” sebelum laga Manchester City vs Burnley dimulai. Praktis hal tersebut mengundang kecaman dari banyak pihak.

Burnley Minta Maaf soal Pesawat yang Membawa Spanduk White Lives Matter
The Independent

Dari pesan tersebut jelas terlihat bahwa itu ulah dari oknum suporter Burnley. Dan benar saja, setelah dilakukan penyelidikan diketahui orang yang ada di balik spanduk raksasa itu adalah fan klub tersebut bernama Jake Hepple.

Setelah identitas Jake Hepple terungkap, diketahui bahwa ia bekerja sebagai tukang las di Paradigm Precision yang ada di wilayah Lancashire. Tidak mau perusahaannya dicap rasial, sang pemilik kemudian memecat Hepple.

“Kami tidak membenarkan atau mentoleransi rasial dalam bentuk apa pun,” demikian pernyataan perusahaan.

Sementara itu, pihak Burnley sudah buka suara sesaat setelah laga di stadion Etihad berakhir. Mereka mengatakan bahwa aksi suporternya tersebut tidak mencerminkan klub.

Hal serupa juga disuarakan sang pelatih, Sean Dyche. Baginya, apa yang dilakukan Jake Hepple tidak mengatasnamakan klub dan klub sangat menentang perbuatan tersebut.