Nostalgia Hari Ini: Persembahan Pertama Luis Milla di Timnas Indonesia

Nostalgia Hari Ini: Persembahan Pertama Luis Milla di Timnas Indonesia

Banner Gamespool Football5Star

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, empat tahun lalu mungkin menjadi salah satu yang spesial bagi Luis Milla bersama timnas Indonesia. Sebab, kala itu untuk kali pertama Milla memberikan prestasi buat timnas, meski tak terlalu mewah.

Persembahan itu ialah medali perunggu SEA Games 2017. Hal itu diraih oleh Milla bersama timnas U-22 setelah menaklukkan 3-1 Myanmar di Selayang Municipal Council Stadium. Ini merupakan hadiah penghibur mereka usai gagal melangkah ke partai puncak.

Dalam laga itu, skuat Garuda sebenarnya sempat tertinggal terlebih dahulu oleh Myanmar lewat gol Than Paing menit ke-22. Indonesia bahkan nyaris dibuat mati kutu karena gagal mencetak gol pada paruh pertama.

Nostalgia Hari Ini: Persembahan Pertama Luis Milla di Timnas Indonesia
Dok. Antara

Usai jeda, pasukan Luis Milla itu menaikkan tempo permainan. Usaha mereka pun berbuah manis menit ke-57 lantaran Evan Dimas sukses menyamakan kedudukan. Gol berawal dari umpan Febri Hariyadi yang diblok bek Myanmar lalu bola pantul diserobot Evan yang langsung menceploskannya ke gawang Myanmar.

Tak butuh waktu lama bagi timnas U-22 utuk berbalik unggul. Dua menit berselang gantian Septian David Maulana yang mencetak gol usai melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Skuat Garuda menjauh usai Rezaldi Hehanusa turut mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol indah dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Myanmar pun kian tak berdaya usai menit ke-90 Nan Wai Min dapat kartu kuning kedua lantaran melanggar Ezra Walian.

Persembahan Pertama Luis Milla

Meski tak mewah, tapi setidaknya Luis Milla memberikan bekas yang cukup indah dalam kariernya sebagai nakhoda timnas Indonesia. Milla memang cuma memberi medali perunggu. Tapi permainan anak asuhnya kala itu mendapat atensi karena tampil apik kaki ke kaki.

Nostalgia Hari Ini: Persembahan Pertama Luis Milla di Timnas Indonesia

“Apa yang saya lakukan adalah seperti biasa, kami melakukan analisis pertandingan apa yang kurang dan harus diperbaiki. Seperti diketahui, mereka tim yang sangat bagus. Kami mengontrol jalannya pertandingan di awal babak pertama, tapi mereka juga punya pemain-pemain yang bagus,” kata Milla usai pertandingan.

Nostalgia Hari Ini: Persembahan Pertama Luis Milla di Timnas Indonesia

Milla sendiri lantas menangani timnas pada ajang Asian Games 2018 saat Indonesia jadi tuan rumah. Skuat Garuda pun dibawanya lolos hingga babak 16-besar. Kala itu lagi-lagi penampilannya dapat apresiasi. Mereka kalah cuma via adu penalti dari UEA. Saat itu, UEA pun cma mampu mencetak gol ke gawang Indonesia via titik putih.

Namun demikian, PSSI pun akhirnya memilih tak memperpanjang kontrak Milla yang habis usai Asian Games. Posisinya saat itu digantikan oleh Simon McMenemy.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]