stephanie frappart-independent

Pertama Kalinya, Piala Super Eropa Diwasiti Wanita

Banner live dan podcast baru

Football5star.com, Indonesia – Kejutan dibuat induk sepak bola Eropa, UEFA, dalam menunjuk pemimpin pertandingan Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea. Untuk pertama kalinya UEFA menunjuk wasit wanita di pertandingan antarklub Eropa.

Wasit wanita pertama yang dipercaya untuk memimpin pertandingan dua klub Inggris itu adalah Stephanie Frappart. Dia adalah wasit kenamaan asal Prancis dan memimpin laga final Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat melawan Belanda.

stephanie frappart tellerreport
tellerreport.com

Kendati ini pertama kalinya laga Piala Super Eropa dipimpin wasit wanita, Stephanie Frappart nyatanya sudah beberapa kali memimpin pertandingan sepak bola pria di negaranya. Bahkan ia tercatat sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di Ligue 1 April lalu di pertandingan Amiens vs Strasbourg.

Adapaun saat memimpin laga Liverpool vs Chelsea yang akan berlangsung pada 14 Agustus mendatang di Istanbul, wasit berusia 35 tahun itu akan didampingi dua asisten yang juga wanita, yakni Manuela Nicolosi asal Prancis dan Michelle O’Neal dari Irlandia. Sedangkan untuk official pertandingan keempat ada wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.

Sejatinya sudah banyak wasit wanita yang memimpin pertandingan sepak bola pria di berbagai kompetisi. Selain Stephanie Frappart, ada pula wasit asal Jerman, Bibiana Steinhaus, yang menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa.

Ketika itu Bibiana Steinhaus memimpin pertandingan di Bundesliga antara Hertha Berlin melawan Werder Bremen 2017 lalu.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]