Ronaldo Luis Nazario de Lima sama-sama menilai istimewa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo Tak Pernah Punya Niat Jadi Pelatih

Banner live dan podcast baru

Football5star.com, Indonesia – Legenda Brasil, Ronaldo, sudah lama berhenti jadi pemain sepak bola. Tapi sampai sekarang ia belum juga melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Ronaldo gantung sepatu sejak 2011 lalu. Sejak saat itu dia memang tidak menunjukkan tanda-tanda akan menekuni dunia kepelatihan. Mantan pemain Real Madrid itu mengaku tidak tertarik menjadi pelatih sepak bola.

Menurutnya, rutinitas padat seorang pelatih tiap harinya membuat pria berjuluk Il Phenomeno ogah menjadi pelatih. “Saya tidak pernah mempertimbangkan jadi pelatih karena rutinitas yang harus diikuti seorang pelatih,” katanya seperti dikutip Football5star.com dari AS, Jumat (31/5/2019).

zidane ronaldo raul madrid
goal.com

“Rutinitas pelatih bahkan lebih buruk daripada yang dirasakan seorang pemain selama ini. Dan kemudian Anda harus memasang 25 pemain yang mana mereka semua hanya memikirkan dirinya sendiri. Sedangkan Anda selalu dikritik,” tegasnya.

Keputusan pria yang membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 itu memang berbeda dari beberapa rekannya. Salah satunya tentu saja Zinedine Zidane yang sejauh ini sudah berhasil membawa Real Madrid memenangi tiga trofi Liga Champions. Begitu juga dengan Rau Gonzalez yang akan melatih tim Castilla Madrid musim depan.

“Saya bisa melihat Raul akan cocok sebagai pelatih. Dia punya karakter yang mumpuni dan saya yakin dia bisa bekerja dengan sangat baik,” imbuh pria 42 tahun tersebut.

Kendati demikian, Ronaldo tidak pernah keluar seutuhnya dari dunia sepak bola. Sejak 2018 lalu dia sudah menjabat sebagai presiden klub LaLiga, Real Valladolid, setelah mengakuisisi klub tersebut.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]