henrikh mkhitaryan-arsenal

Surati Pemimpin Dunia, Mkhitaryan Tuntut Azerbaijan Hentikan Perang

Banner Gamespool Baru Football5Star

Football5star.com, Indonesia – Kapten timnas Armenia, Henrikh Mkhitaryan pilu melihat perang negaranya dengan Azerbaijan. Untuk itu, ia pun menyurati para pemimpin dunia yang tergabung dalam organisasi OSCE Minsk Grup.

Ia menulis surat terbuka yang ditujukan pada pemimpin negara OSCE Minsk Grup yang terdiri dari Rusia, Amerika Serikat, dan Prancis. Ia meminta mereka bisa menggunakan kekuatannya untuk menghentikan agresi militer Azerbaijan di Nagorno Karabakh.

“Saya seorang atlet profesional yang bangga mewakili negara saya, Armenia, dan hari ini saya menulis surat kepada Anda dengan berat hati. Dunia sedang menyaksikan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya di Nagorno Karabakh,” tulis Mkhitaryan seperti dilansir Football Italia, Kamis (8/10/2020).

azerbaijan armenia DNA India
DNA India

“Izinkan saya menyuarakan isi hati saya bahwa tanah air saya dalam bahaya. Saat perang memasuki minggu kedua, penduduk asli Armenia dan Artsakh, membela diri dari para penyerang untuk mempertahankan hak kami sebagai bangsa, untuk hidup di tanah kami dan melestarikan nilai-nilai kristen kami,” ia menambahkan.

Gelandang AS Roma menuding tentara Azerbaijan menjadikan warga sipil sebagai korban. “Dengan intensifikasi militer selama beberapa hari, sungguh memilukan melihat militer Azerbaijan secara langsung menargetkan anak-anak,rumah sakit, dan infrastruktur sipil lainnya,” pungkasnya.

“Rudal berulang kali menyerang penduduk sipil yang hidup damai hingga mengakibatkan banyak nyawa tidak berdosa melayang. Ini adalah kejahatan perang. Saya ingin menyampaikan bahwa situasi ini membuat Artsakh berada di ambang bencana kemanusiaan,” tulisnya lagi.

“Sebagai sekutu Republik Armenia, dalam kapasitas Anda sebagai ketua PSC Minsk Grup, campur tangan Anda untuk menyerukan Azerbaijan agar menghentikan perang ini. Dari lubuk hati paling dalam saya ingin Anda menggunakan kekuatan Anda untuk menghentikan tragedi ini,” tutup Mkhitaryan.