Thomas Tuchel Terapkan Dua Taktik Brilian di Piala Super 2021

Thomas Tuchel Terapkan Dua Taktik Brilian di Piala Super 2021

Banner Gamespool Football5Star

Football5star.com, Indonesia – Thomas Tuchel beberakan alasannya memainkan tiga pemain kunci dari bangku cadangan di laga Piala Super Spanyol melawan Villarreal. Pada laga yang berlangsung di Windsor Park, Belfast, Kamis (12/8/2021), Tuchel membangkucadangkan Thiago Silva, Mason Mount dan Jorginho.

Dua nama terakhir baru dimainkan oleh Thomas Tuchel di babak kedua. Jorgiho masuk menggantikan N’Golo Kante di menit ke-65 dan Mason Mount bermain menggantikan Timo Werner. Sedangkan Thiago Silva tak dimainkan pelatih asal Jerman tersebut.

Thomas Tuchel Terapkan Dua Taktik Brilian di Piala Super 2021
Sky Sports

Menurut Tuchel, keputusannya tak menurunkan tiga pemain itu dari menit awal pertandingan lebih disebabkan karena masalah taktik. Apalagi setelah hadapi Villarreal, Chelsea akan lakoni laga pertama Liga Inggris melawan Crystal Palace pada 14 Agustus 2021.

“Kami menetapkan standar tertentu untuk diri kami sendiri dan itu bagus untuk diketahui karena itu memberi kami sikap yang kami butuhkan untuk mendapatkan hasil,” kata Thomas Tuchel seperti dikutip Football5star.com dari Football London.

Thomas Tuchel - Kepa Arrizabalaga - Chelsea - Spors Illustrated

Ditegaskan oleh Tuchel, bahwa dirinya ingin agar pemain Chelsea bisa memahami bahwa semua laga yang dimainkan pada musim ini sama pentingnya.

“Saya harap tidak ada bedanya apakah itu final Piala Super Eropa atau pertandingan pertama Liga Inggris. Ini adalah pertandingan kompetitif dan kami di sini untuk bersaing memperebutkan kemenangan dan trofi,” tambahnya.

“Kami banyak memikirkan pemilihan tim dan pada akhirnya kami melakukan hal yang sama seperti saat melawan Tottenham. Para pemain telah memainkan beberapa pertandingan di pra musim,” ungkap eks pelatih PSG tersebut.

Thomas Tuchel Gantikan Edouard Mendy

Pada pertandingan Piala Super Eropa, Tuchel berhasil mempersembahkan gelar setelah menang adu penalti 6-5 melawan Villarreal. Chelsea sempat memimpin terlebih dahulu lewat gol Hakim Ziyech pada menit ke-27 namun pada menit ke-73, Gerard Moreno berhasil menyamakan kedudukan.

Thomas Tuchel - Kepa Arrizabalaga - Chelsea - ESPL Daily
ESPL Daily

Di babak adu penalti, kiper asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan. Kepa yang masuk menggantikan Edouard Mendy berhasil menggagalkan dua penendang penalti Villarreal, Aissa Mandi dan Raul Albiol.

Keputusan Tuchel mengganti Mendy dengn Kepa pun menjadi sorotan banyak pihak dan dianggap sebagai langkah cerdas. Menurut Tuchel, keputusannya ini sudah dipersiapkan secara matang sebelum pertandingan.

“Kami sudah membicarakan ini dengan kiper setelah pertandingan melawan Barnsley di Piala FA. Kami punya statistik. Kami sudah mempersiapkannya,” ucapnya.

[better-ads type=’banner’ banner=’156408′ ]