Laga Inggris vs Italia di Stadion Wembley pada 2018 berakhir 1-1.

Final EURO 2020: Timnas Inggris Ternyata Baru Sekali Kalahkan Italia di Wembley

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Inggris kini sangat difavoritkan menjuarai EURO 2020. Tim asuhan Gareth Southgate diyakini akan mampu melewati adangan timnas Italia pada laga final, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Salah satu sebabnya, Harry Kane dkk. akan bermain di Stadion Wembley.

Tampil di Wembley memang jadi keuntungan tersendiri. Pertama, Inggris akan mendapatkan dukungan lebih banyak karena Italia hanya akan didukung suporter yang tinggal di negeri Pangeran Charles tersebut. Kedua, mereka belakangan ini punya rekor bagus di sana.

Timnas Inggris menuai satu-satunya kemenangan atas timnas Italia di Stadion Wembley pada 1977.
soccernostaglia.blogspot.com

Kemenangan 2-1 atas Denmark pada semifinal EURO 2020 membuat Inggris kini tak kalah dalam 9 laga terakhir yang berlangsung di Wembley. Kali terakhir mereka takluk pada 14 Oktober 2020. Ketika itu, The Three Lions dikalahkan Denmark lewat gol tunggal dari penalti Christian Eriksen.

Akan tetapi, Inggris tak bisa terlalu berharap pada tuah Wembley saat final nanti. Sebabnya, mereka akan menghadapi Italia. Sepanjang sejarah, The Three Lions ternyata hanya 1 kali menang dalam 6 kesempatan terdahulu menjamu Gli Azzurri di sana. Kemenangan itu diraih pada 16 November 1977. Berkat gol-gol Kevin Keegan dan Trevor Brooking, mereka menang 2-0.

Inggris Sempat 2 Kali Kalah di Wembley

Jumlah kemenangan The Three Lions itu justru kalah dari jumlah kemenangan Italia saat melawat ke Wembley. Dalam enam lawatan terdahulu, Gli Azzurri ternyata sempat membukukan 2 kemenangan. Kedua kemenangan itu dibukukan dengan skor identik, yakni 1-0.

Kemenangan pertama Italia di stadion keramat milik Inggris itu diraih pada 14 November 1973 dalam sebuah laga persahabatan. Gli Azzurri menuai gol pada menit ke-87. Berawal dari tendangan Giorgio Chinaglia yang dimentahkan Peter Shilton, Fabio Capello menceploskan bola ke gawang. Ini kemenangan kedua beruntun bagi Gi Azzurri. Sebelumnya, mereka menang atas The Three Lions di Roma dengan skor 2-0.

Kemenangan berikutnya diraih Italia di kandang keramat Inggris pada 12 Februari 1997 dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 1998. Gli Azzurri lagi-lagi menang 1-0. Kali ini, sang pahlawan adalah Gianfranco Zola yang menjebol gawang Ian Walker saat pertandingan baru berjalan 19 menit.

Satu hal yang membuat Italia bisa lebih percaya diri, Inggris tak pernah mengalahkan mereka di Stadion Wembley dalam tiga kesempatan terakhir. Sebelum dan sesudah kemenangan pada 1997 itu, dua pertemuan Inggris vs Italia di stadion ini selalu imbang. Pada 15 November 1989, skor akhir 0-0, sedangkan pada 27 Maret 2018 berakhir 1-1. Laga pada 2018 juga merupakan kali terakhir The Three Lions menghadapi Gli Azzurri.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]