Nostalgia Hari Ini: Timnas Wanita Amerika Serikat Raih Emas Pertama di Olimpiade

Banner Gamespool Football5Star

Football5star.com, Indonesia – 1 Agustus 1996 jadi hari bersejarah bagi sepak bola wanita, khususnya bagi timnas wanita Amerika Serikat. Tepat hari ini, 25 tahun lalu, timnas wanita Amerika Serikat meriah emas pertama di ajang Olimpiade.

Pada Olimpide 1996 yang berlangsung di Atlanta, Amerika Serikat, sepak bola wanita untuk kali pertama dipertandingkan. Pada perhelatan pertama di Olimpiade, terdapat 8 negara yang berpartisipasi, termasuk tim tuan rumah, Amerika Serikat.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Wanita Amerika Serikat Raih Emas Pertama di Olimpiade
fifa.com

Dari delapam tim tersebut dibagi menjadi dua grup. Timnas wanita Amerika Serikat berada di grup E bersama Denmark, Swedia dan Cina. Empat tim lainnya berada di grup F yang terdiri dari Norwegia, Brasil, Jerman dan Jepang.

Dipertandingkannya sepak bola wanita di ajang Olimpiade menjadi hadiah terbesar bagi para pemain. Dominique Moceanu, salah satu penggawa timnas wanita Amerika Serikat menyebut bahwa hal itu adalah sesuatu yang ajaib dan menjadi tonggak bersejarah untuk perkembangan sepak bola wanita.

“Olimpiade itu menentukan suasana bagi banyak generasi yang akan datang. Kami menjadi bagian dari sesuatu yang ajaib. Anda dapat melihat betapa istimewanya momen itu,” ucap Moceanu seperti dikutip Fotoball5star.com dari San Francisco Chronicle, Minggu (1/8/2021).

Timnas wanita Amerika Serikat saat itu dilatih oleh Tony DiCicco. Mantan kiper Connecticut Wildcats itu memiliki beban cukup berat untuk memilih generasi pertama timnas Amerika Serikat untuk tampil di Olimpide.

Menariknya, kehadiran sepak bola wanita di ajang Olimpiade 1996 juga bertepatan dengan kondisi sosial di Negeri Pam Sam itu. Kala itu para atlet wanita di sana tengah merayakan peraturan hukum yang menghapuskan diskriminasi seskual di semua bidang masyarakat, utamanya di lembaga pendidikan.

“Kami adalah generasi pertama. Dan kami jauh lebih maju dari negara lain dalam hal pendanaan, infrastruktur. Dan saya pikir itu kali pertama orang berkata, wah lihat dominasi wanita kita,” kata Julie Foudy, gelandang Amerika Serikat di Olimpiade 1996.

The Stars and Stripes Kalahkan Cina di Final

Timnas Amerika Serikat yang berjuluk The Stars and Stripes pada babak fase grup Olimpiade 1996 menjadi runner up grup di bawah Cina. Pada pertandingan pertama, anak asuh Tony DiCicco itu menang 3-0 atas Denmark.

Kemenangan kembali diraih Amerika Serikat pada laga kedua melawan Swedia. Namun pada partai ketiga, mereka hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Cina.

Hasil itu membawa Amerika Serikat ke partai semifinal melawan juara grup F, Norwegia. Bertanding di Sanford Stadium, Amerika Serikat menang secara dramatis 2-1 lewat golden goal yang dicetak Shannon MacMillan pada menit ke-100.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Wanita Amerika Serikat Raih Emas Pertama di Olimpiade
fifa.com

Sebelumnya, Amerika Serikat sempat tertinggal 1-0 lewat gol Linda Medalen pada menit ke-18. Menit ke-78, Amerika Serikat bisa menyamakan kedudukan lewat gol penalti Michelle Akers.

Menang 2-1 atas Norwegia, Amerika Serikat ke partai puncak menghadapi Cina yang mampu kalahkan Brasil 3-2 di babak semifinal. Pada laga yang berlangsung di Sanford Stadium, Amerika Serikat unggul terlebih dahulu lewat gol Shannon MacMillan pada menit ke-19.

Cina membalas lewat gol Sun Wen di menit ke-32. Memasuki babak kedua, Amerika Serikat kembali unggul lewat gol striker Tiffeny Milbrett pada menit ke-68. Skor ini bertahan hingga akhir pertandingan dan timnas wanita Amerika Serikat mengukir sejarah meraih emas pertama di Olimpiade.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More